Herbal untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

sehatnews.id – Di masa pandemi ini, selain menjalankan protokol kesehatan, sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun tubuh menjadi ujung tombak untuk menangkal virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit lainnya.

Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun, yakni menggunakan herbal. Indonesia kaya akan tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa jenis herbal ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.   

Kunyit dan Temulawak

Dua jenis rimpang ini mengandung zat aktif yang disebut curcumin, yang memiliki sifat sebagai peningkat mekanisme pertahanan tubuh (imunomodulator) dan antiperadangan. Sebuah studi yang dirilis di Journal of General Virology dan dikutip sciencedaily.com menyatakan bahwa curcumin mampu mengeliminasi virus dan membunuh partikel virus. Curcumin juga berpotensi menghambat aktivitas virus dan menghambat perbanyakan virus. Selain itu, curcumin mampu menghambat pelepasan sitokin yang dapat memicu peradangan, sehingga bermanfaat untuk  mencegah terjadinya badai sitokin.  

Jahe

Menurut studi yang dipublikasikan di Journal of Ethnopharmacology, jahe segar dapat merangsang sel-sel mukosa untuk melepas interferon yang mampu membantu melawan infeksi virus. Jahe mengandung minyak atsiri dengan komponen utama gingerol dan shogaol. Kedua senyawa ini memiliki efek antiperadangan dan antioksidan kuat, sehingga dapat menurunkan risiko infeksi dan menghambat pertumbuhan virus serta bakteri. Konsumsi bubuk jahe sekitar 2 gram/hari akan membantu mengurangi risiko peradangan.  

Lengkuas

Salah satu bumbu dapur ini mengandung senyawa glikosida kuersetin yang mampu meningkatkan antibodi dan berefek antioksidan. Lengkuas juga mengandung galangin yang dapat menghambat inisiasi infeksi virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.  

Meniran

Dr. Suprapto Ma’at, Apt., MS, peneliti herbal dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, telah membuktikan bahwa meniran dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Uji klinik di beberapa rumah sakit menunjukkan ekstrak meniran dapat membantu penyembuhan penyakit tuberkulosis dan hepatitis. Senyawa filantin dan hipofilantin di dalam meniran mampu memodulasi sistem imun bawaan (innate immune response). Konsumsi meniran dapat mengoptimalisasi kemampuan fagosit (salah satu mekanisme sistem imun bawaan).

Pegagan

pegagan-arw
Tanaman Pegagan – Foto: sehatnews.id/arw


Tanaman obat pegagan (Centela asiatica) mengandung senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticosida yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sambiloto

Sambiloto memiliki sifat imunostimulan, yang meningkatkan kinerja organ-organ tubuh yang berkaitan dengan sistem imun. Hasil uji fitokimia di Universitas Kristen Indonesia, seperti dirilis di laman repository.uki.ac.id., dikemukakan bahwa daun sambiloto (Andrographis paniculata) mengandung alkaloid, saponin, dan flavonoid. Dengan berbagai senyawa aktif itu sambiloto dapat membantu meredakan peradangan dan meringankan gejala flu. (rin)