Lupus dan Vaksin Covid-19

Foto: Freepik.com
Foto: Freepik.com

Sehatnews.id – Sudah pernah mendengar tentang penyakit lupus? Peringatan Hari Lupus Sedunia digelar setiap 10 Mei. Meskipun sudah familiar dengan namanya, tak banyak yang tahu apa itu penyakit lupus, apa yang menyebabkannya, dan bagaimana cara pengobatannya. Lantas, apa itu lupus? Apakah bisa disembuhkan?

Penyakit lupus adalah suatu gangguan sistem kekebalan tubuh, tubuh memproduksi antibodi secara berlebih. Penyakit ini termasuk ke dalam autoimun yang menyebabkan sel-sel tubuh rusak dan mengalami peradangan. Sekitar 90 persen Odapus, sebutan untuk penderita lupus, adalah perempuan berusia 15-45 tahun.

Dalam keadaan normal, antibodi berfungsi melindungi tubuh dari berbagai zat asing yang dapat menyebabkan penyakit. Namun, karena antibodi yang dimiliki justru menyerang sel-sel tubuh, Odapus mudah mengalami penyakit infeksi dan peradangan.

“Autoimun sulit didiagnosis. Penyakit seribu wajah ini bisa menyerang banyak organ tubuh: ginjal, sendi, manifestasinya bahkan bisa dalam bentuk gangguan jiwa,” kata dr. R.A. Adaninggar, Sp.PD, dalam live IG bertema “Lupus dan Covid-19” yang digelar Senin (10/5/2021).

Di masa pandemi Covid-19, dr. Ning, panggilan akrab dr. Adaninggar, menyebut bahwa Odapus yang rutin minum obat tidak perlu khawatir terpapar asal tetap menjalankan protokol kesehatan 5M secara lebih ketat. Lalu, apakah Odapus bisa mendapat vaksin Covid-19?

“Odapus relatif mudah terinfeksi beberapa penyakit karena sistem imun Odapus umumnya rendah. Sebelum masa pandemi, Odapus disarankan untuk vaksin influenza dan lainnya. Untuk Covid-19, vaksin merek Sinovac relatif lebih aman untuk Odapus yang rutin minum obat bila dibandingkan dengan Astra Zenica. Namun, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mendapat vaksin,” jawabnya. (sar)