Mengupas Khasiat serta Peluang Bisnis VCO

Produk turunan dari kelapa yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan serta punya nilai ekonomi. Foto: Portal Wanita Muda
Produk turunan dari kelapa yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan serta punya nilai ekonomi. Foto: Portal Wanita Muda

sehatnew.id – Di masa pandemi Covid-19, pemerintah telah menetapkan tata kehidupan normal baru atau new normal.

Hal ini menyebabkan kita mesti melakukan penyesuaian dengan menaati protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, hingga menjaga jarak, agar terhindar dari penularan virus corona.

Selain itu, kita bisa menjaga kesehatan dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi herbal berkhasiat, salah satunya virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni bisa menjadi pilihan.

Tak hanya punya manfaat untuk kesehatan, VCO dapat menjadi peluang bisnis menjanjikan di tengah pandemi Covid-19.

Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. AH Bambang Setiadji menyampaikan hal tersebut dalam IABA Webinar Series bertema “Tingkatkan Imunitas dan Penghasilan dengan Virgin Coconut Oil (VCO)”, yang digelar oleh Indonesia Association of British Alumni (IABA), belum lama ini.

Hasil penelitian menunjukkan, zat dominan dalam VCO adalah asam laurat, yang mencapai 50,33 persen. “Kandungan lain berupa 14,23 persen asam kaproat, 10,25 persen asam kaprat, 12,91 persen asam miristat, dan 4,92 persen asam palmitat,” ujar Prof. Bambang, alumnus University of Salford itu.

Bahkan menurut penelitian laboratorium UGM, asam laurat terbukti sebagai antivirus, antibakteri, dan antiprotozoa.

Patogen yang mampu diatasi VCO, antara lain bakteri Streptococcus agalactiae dan Streptococcus aerus serta beragam virus seperti herpes, sarkoma, HIV, virus leukemia, dan sitomegalo.