Cara Cegah Bengkak Kaki Bumil

Cara Cegah Bengkak Kaki Bumil
Cara Cegah Bengkak Kaki Bumil. | foto: freepik.com

sehatnews.id-Kaki bengkak kerap dialami ibu hamil. Paha, betis, hingga jari-jemari kaki jadi tambah gemuk. Ini terjadi karena tubuh menahan lebih banyak air. Kalau ibu hamil banyak berdiri atau jalan, apalagi cuaca panas, kaki bisa semakin bengkak.

Apakah kondisi ini berbahaya? Menurut sebuah studi yang dirilis dalam Journal of Women’s Health Physical Therapy, sekitar 80 persen ibu hamil mengalami bengkak di kaki. Namun, ini tidak membahayakan ibu maupun bayi.Hanya saja, ibu hamil jadi merasa kurang nyaman.

Yang harus diwaspadai jika bengkak tak hanya di kaki, tetapi juga wajah dan tangan, atau bengkak terjadi tiba-tiba dan tampak ekstrem. Bisa saja hal ini merupakan gejala preeklamsia, yang perlu dikonsultasikan ke dokter.

Cara Cegah Bengkak Kaki Bumil. | foto: freepik.com

Kalau ada riwayat preeklamsia, harus dipantau supaya tidak menimbulkan masalah serius pada ibu dan bayi. Selain kaki bengkak, preeklamsia bisa menyebabkan gejala sakit kepala berat, gangguan penglihatan seperti kabur atau ada kilatan cahaya, nyeri di bawah dada, dan muntah.

Selain bengkak kaki, pada ibu hamil berisiko muncul varises atau kulit lebih mudah kering. Upaya pencegahan bengkak di kaki sekaligus akan membantu mencegah varises. Untuk mencegah kulit kering, sebaiknya rajin mengoleskan pelembab dan tabir surya. Pilih produk organik, agar aman untuk janin.

Coba lakukan ini supaya kaki bumil tidak bengkak:

* Jangan berdiri terlalu lama.

* Konsumsi air putih (2,5 liter per hari) untuk membantu mengeluarkan sampah metabolisme yang bisa memicu bengkak.

* Cukup asupan garam. Jika kurang atau berlebihan, kaki bisa bengkak.

* Kenakan sepatu bersol tipis yang nyaman. Hindari sepatu berhak tinggi atau sepatu bertali.

* Jika Anda harus banyak berdiri, usahakan sering jalan-jalan agar otot kaki rileks.

* Letakkan kaki di atas bantal sambil berbaring di sofa.

* Tidur miring akan membebaskan pembuluh darah balik dari tekanan, jadi kaki tidak bengkak.

* Kompres dingin pada kaki.

* Sambil berdiri atau duduk, lakukan gerakan menekuk dan meluruskan kaki, naik dan turun, sebanyak 30 kali. Putar pergelangan kaki 8 kali ke kiri dan 8 kali ke kanan. Latihan ini akan memperbaiki sirkulasi darah, mengurangi bengkak, dan mencegah kram otot betis.

* Rutin jalan kaki.

* Berendam di kolam renang sampai setinggi dada selama 20 menit, dapat mengurangi bengkak kaki. Efek tekanan air kolam pada kaki cukup efektif mengurangi bengkak. (rin)