Tips Sebelum Periksa Tensi

Foto: Freepik.com
Foto: Freepik.com

Sehatnews.id – Penderita hipertensi disarankan rutin mengecek tekanan darah, selain minum obat dokter, untuk mengontrol penyakitnya. Namun, sebelum periksa tekanan darah secara mandiri, dr. BRM Ario Soeryo Kuncoro, Sp.JP(K), dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari RS Harapan Kita, Jakarta, menyebut ada hal yang perlu dilakukan dan dihindari penderita hipertensi agar hasilnya lebih akurat:

  1. Jangan makan, merokok, dan minum kafein serta alkohol, setidaknya 30 menit sebelum pemeriksaan. Selain itu, jangan lupa buang air kecil terlebih dulu. Saluran kemih yang penuh dapat meningkatkan tekanan darah walau hanya sedikit.
  2. Usahakan dalam kondisi tenang saat pemeriksaan. Cobalah duduk santai selama lima menit dalam posisi senyaman mungkin sebelum pemeriksaan dilakukan. Usahakan tidak membicarakan dan memikirkan hal-hal yang memicu stres.
  3. Posisikan lengan setinggi jantung, di meja atau lengan kursi. Pastikan telapak tangan berada di atas. Letakkan bantal atau alas di bawah lengan agar lengan sejajar dengan jantung.
  4. Gulung lengan baju ke atas. Alat pemeriksaan tekanan darah (manset sphygmomanometer) harus langsung menyentuh kulit agar hasil pemeriksaan akurat. Jaga agar manset tidak terlalu kencang atau kendur karena bisa memengaruhi hasil.
  5. Jika perlu, ulangi pemeriksaan beberapa kali dengan jeda 2-3 menit. Catatlah setiap hasil pemeriksaan sesuai keperluan. (sar)