Tomat Bisa Usir Stroke

Tomat Bisa Usir Stroke. | foto: freepik.com
Tomat Bisa Usir Stroke. | foto: freepik.com

sehatnews.id-Buah tomat ternyata punya khasiat memangkas risiko stroke. Hasil penelitian yang dilakukan di The University of Eastern Finland di Kuopio, Finlandia, terhadap lebih 1031 pria menunjukkan, bahwa responden yang di dalam darahnya mengandung lebih banyak likopen, risiko terkena stroke lebih kecil. Hasil penelitian tersebut dirilis dalam jurnal Neurology.

Likopen merupakan zat kimia berwarna merah yang dapat ditemukan di dalam tomat, semangka, dan paprika.

Penelitian lanjutan dilakukan untuk mengetahui bagaimana likopen mampu memangkas risiko stroke. Pada awal studi kadar likopen dalam darah responden diukur dan dimonitor selama 12 tahun. Responden dibagi dalam empat kelompok berdasarkan jumlah likopen di dalam darah.

Hasilnya, terjadi 25 kasus stroke pada 258 pria dalam kelompok kadar likopen rendah, sedangkan pada kelompok likopen tinggi hanya terjadi 11 kasus stroke. Para peneliti menyatakan bahwa konsumsi makanan kaya likopen dapat menurunkan risiko stroke hingga 55 persen. Dalam hal ini likopen bertindak sebagai antioksidan, yang meminimalisasi peradangan dan mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Cara tebaik mendapatkan likopen tomat yakni dengan memasaknya, seperti sup tomat, pasta dan saus tomat. Jika makan tomat segar sebaiknya dicampur dengan minyak zaitun. Akan lebih ideal jika makan irisan tomat bersama makanan sumber antioksidan lainnya, seperti bayam, brokoli, wortel, dan buah beri. (rin)