Glowing Cara Murah Pakai Buah

Glowing Cara Murah Pakai Buah
Glowing Cara Murah Pakai Buah | foto: freepik.com

sehatnews.id-Aneka buah tropis mengandung banyak nutrisi untuk menunjang kesehatan tubuh kita, termasuk kesehatan kulit. Para ahli menganjurkan konsumsi setidaknya lima porsi aneka buah yang totalnya sekitar 400 gram per hari.

Tak hanya dimakan, bebuahan juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dari luar. Untuk bikin kulit glowing, cerah, halus, mulus, awet muda, tidak harus menggunakan produk-produk mahal, yang malah bisa menimbulkan risiko seperti iritasi dan alergi.

Bebuahan adalah pilihan alami yang tepat untuk menjadikan kulit lebih sehat dan cantik. Selain disantap, ayo pakai buah untuk masker wajah.

Alpukat

Buah berlemak ini kaya akan vitamin C dan E, antioksidan seperti karoten, lesitin, dan asam linoleat. Alpukat telah banyak dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan nutrisinya dapat melembabkan dan melembutkan kulit, mengatasi jerawat, mengusir sel kulit mati, dan mencegah keriput.

Cara pakai: Lumatkan daging buah alpukat, tambahkan 1 sendok makan (sdm) madu murni, campur hingga rata. Oleskan masker alpukat ke kulit muka dan leher sambil dipijat lembut, biarkan 15 menit, setelah kering basuh wajah dengan air bersih. Lakukan dua kali seminggu.

Selain dengan madu, alpukat juga bisa dipadukan dengan 1 sdm oatmeal atau 1 sdm yoghurt.

Pisang

Buah pisang mengandung aneka zat gizi, seperti potasium, vitamin C dan E, yang baik untuk membantu mencerahkan dan melembabkan kulit. Masker pisang baik untuk mengatasi kulit kering. Pilih pisang yang sudah matang untuk membuat masker wajah.

Cara pakai: Lumatkan pisang matang, tambahkan 2 sdm yoghurt dan sedikit jus jeruk. Campur hingga berbentuk pasta. Oleskan pada kulit wajah dan leher, biarkan 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Anda juga bisa memadukan pisang dengan susu, madu, dan beberapa tetes air mawar, atau pisang dicampur alpukat dan madu.

Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C, antioksidan, asam sitrat, dan minyak alami yang berkhasiat membantu melembutkan kulit, mengatasi jerawat, mengencangkan kulit, dan memperlambat penuaan. Kulit jeruk yang diparut dapat dijadikan scrub, sehingga kulit lebih halus dan awet muda.

Cara pakai: Campur 1 sdm kulit jeruk parut dengan sejumput bubuk kunyit dan 1 sdm madu, hingga menjadi pasta. Oleskan ramuan ini pada kulit wajah dan leher, biarakn 5-10 menit, lalu bilas sampai bersih. Anda juga bisa mencampurkan 1 sdm kulit jeruk dan 2 sdm yoghurt untuk masker.

Pepaya

Buah pepaya mengandung antioksidan, vitamin A, enzim papain, juga asam alfa hidroksi (AHA). Kesemuanya itu bermanfaat untuk membantu menghidrasi kulit, menghilangkan sel kulit mati, melembabkan dan melembutkan kulit, meningkatkan kolagen, mencerahkan, mengatasi hiperpigmentasi, dan mengurangi tanda penuaan. Alhasil kulit lebih elastis, halus, mulus, dan bersinar.

Cara pakai: Lumatkan buah pepaya matang. Campurkan setelah mangkuk buah pepaya dengan 1 sdm madu hingga menjadi pasta. Oleskan merata pada kulit wajah dan leher, biarkan 15-20 menit, bilas dengan air bersih. Anda juga bisa memadukan buah pepaya dengan susu murni, atau pepaya dengan 1 sdm bubuk kunyit dan beberapa tetes air mawar, atau pepaya dengan jus lemon.

Timun

Buah timun memiliki kadar pH yang hampir sama dengan kulit. Karena mengandung air, timun baik untuk membantu menghidrasi kulit dan mencerahkan. Timun juga memiliki propert antioksidan dan antiperadangan, sehingga dapat mengatasi jerawat, mengurangi bengkak, mendinginkan kulit yang terpapar sinar matahari, dan mencegah penuaan dini.

Cara pakai: Untuk membantu mengusir bengkak atau lingkaran hitam di sekitar mata, iris-iris timun lalu tempelkan di kedua mata. Rendam irisan timun dalam air dingin selama beberapa jam, lalu gunakan airnya untuk menyegarkan kulit wajah dan leher.

Untuk masker, campurkan setengah buah timun yang sudah dihaluskan dengan sedikit jus jeruk, lalu oleskan pada kulit wajah dan leher, biarkan 15 menit, bilas dengan air bersih. Untuk masker, Anda juga bisa mencampurkan timun halus dengan 1 sdm madu dan 1 sdm oat. (rin)