Makanan Ini Bisa Redakan Nyeri Asam Urat

Minum wedang jahe atau mengoleskan jahe dapat meredakan nyeri asam. Foto: Freepik
Minum wedang jahe atau mengoleskan jahe dapat meredakan nyeri asam. Foto: Freepik

sehatnews.id-Asam urat atau gout merupakan jenis arthritis (peradangan sendi), karena tingginya kadar asam urat di dalam darah. Orang yang mengalami penyakit asam urat akan mengeluhkan nyeri di persendian. Terkadang sampai tampak kemerahan dan bengkak. Tentunya persendian jadi susah digerakkan.

Seperti pesan Bapak Kedokteran, Hippocrates untuk menjadikan makanan sebagai obat, memang ada banyak makanan yang bisa membantu meredakan nyeri akibat peradangan ini. Jika Anda mengalami gangguan asam urat, cobalah manfaatkan beragam bahan makanan ini untuk mengatasinya.  

Jahe

Jahe dapat meringankan keluhan nyeri karena asam urat. Sebuah studi pada tikus menunjukkan konsumsi jahe dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Selain dikonsumsi, misalnya sebagai minuman, jahe juga berguna jika dioleskan ke area persendian yang nyeri. Balurkan jahe yang sudah dihaluskan (diparut) ke bagian tubuh yang sakit, diamkan 15-30 menit. Cara ini akan meredakan nyeri.  

Jeruk Nipis

Minum air jeruk nipis dua kali sehari dapat meluruhkan asam urat yang berlebih. Ini berkat kandungan asam sitrat.

Kunyit

Kunyit (turmeric) mampu menekan peradangan kronis dengan mengurangi aktivitas xanthine oxidase (enzim yang memproduksi asam urat). Bubuk kunyit bisa dikombinasi dengan air lemon dan cuka apel untuk mengatasi asam urat. Cuka apel merupakan pembersih atau detoksifikasi alami. Cuka apel mengandung asam malat yang dapat memecah dan mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh.

Buat minuman dari segelas air hangat, 2 sendok teh bubuk kunyit, air lemon (dari setengah buah lemon), 1 sdt cuka apel, aduk rata, dan siap minum.   

Ketumbar

Ketumbar mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Ambil ½ sdt bubuk ketumbar, seduh dengan air panas, minum jika sudah hangat. Anda juga bisa memanfaatkan daun ketumbar.

Seledri

Sebuah riset menunjukkan manfaat seledri dalam meredakan peradangan. Mengonsumsi  beberapa batang seledri setiap hari, sebagai lalapan atau dijus dapat mengatasi peradangan, termasuk akibat gout.

Bawang putih

Makan bawang putih setiap hari juga dapat membantu menyingkirkan berlebihnya asam urat di dalam tubuh.  

Kopi

Analisis statistik atas hasil berbagai kajian ilmiah pada tahun 2016 menunjukkan kopi dapat menurunkan kadar asam urat. Analisis terhadap Nurses Health Study pada tahun 2010 juga menunjukkan hasil serupa, seperti dikutip medicalnewstoday. Analisis tersebut menyatakan bahwa perempuan yang minum kopi 1-3 cangkir per hari, risiko terkena gout menurun 22 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Jika minum kopinya 4 cangkir per hari, risiko itu berkurang hingga 57 persen.

Selain memanfaatkan herbal, alangkah baiknya jika disertai tindakan seperti minum cukup air putih, mengonsumsi serat makanan, menghindari konsumsi alkohol, mengurangi makanan tinggi gula dan tinggi purin (kapri, buncis, jamur, kerang, jeroan), kurangi stres. (rin)