Cukup Nutrisi Lansia Tetap Aktif

Foto: Freepik.com
Foto: Freepik.com

sehatnews.id – Nutrisi yang tepat akan berdampak besar pada kesehatan fisik dan kesejahteraan kaum lanjut usia (lansia). Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa kebutuhan nutrisi berbeda-beda, tergantung usia. Balita misalnya, memiliki kebutuhan makanan yang berbeda dengan remaja, kebutuhan gizi untuk lansia pun berbeda dengan kebutuhan orang dewasa yang lebih muda.

Makan sehat bagi lansia tidak hanya berkontribusi pada kesehatan fisik, tetapi juga memiliki pengaruh besar pada kesehatan memori dan fungsi mentalnya. Inilah mengapa kecukupan nutrisi sangat penting untuk lansia agar tetap sehat, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Di Indonesia, Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021 diperingati setiap 29 Mei. Dalam webinar bertema “Peran Nutrisi Harian untuk Lansia Agar Tetap Aktif dan Fit” yang digelar Sabtu (29/5/2021), dr. Lazuardhi Dwipa, SpPD-KGER, dokter penyakit dalam dan konsultan geriatri, mengingatkan bahwa pada kelompok usia geriatri terdapat risiko terjadi kerentaan/kerapuhan.

“Kerentaan merupakan proses yang sejalan dengan menurunnya kapasitas fungsi tubuh pada proses menua. Kerentaan pada lansia memiliki lima ciri, yakni kelemahan otot rangka (sarkopenia), merasa lelah sepanjang waktu (depresi), penyakit menahun, performa fisik menurun, serta malanutrisi. Bila ditemukan minimal tiga dari kelima ciri tersebut, sudah masuk kategori renta,” kata staf pengajar di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung ini.

Disebutkan, tata laksana untuk mengatasi kerentaan pada kelompok geriatri adalah memastikan asupan kalori dan protein cukup dan suplementasi gizi bila diperlukan. Penting juga menambahkan suplementasi vitamin D dan mencegah efek negatif konsumsi terlalu banyak obat alias polifarmasi.

Nutrisi harian penting untuk lansia agar bisa mendukung fungsi organ agar dapat bekerja dengan optimal, membantu menjaga massa otot, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk ini, lansia bisa memilih makanan dengan kandungan protein, serat, antioksidan, vitamin, mineral, Omega-3 dan Omega-6. Jangan lupa menjaga asupan nutrisi yang rendah gula dan rendah laktosa agar tidak mengganggu pencernaannya.

Di masa pandemi Covid-19, selain mendapatkan vaksin, anggota keluarga juga harus mengedukasi lansia untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 5M: memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak aman, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas. (sar)