Trik Atasi Stres Kala Pandemi

Cobalah duduk diam sejenak, menikmati indahnya suara alam.
Cobalah duduk diam sejenak, menikmati indahnya suara alam.

sehatnews.id-Mari kita akui bersama bahwa pandemi Covid-19 ini membuat stres, cemas, dan was-was. Kondisi ini bisa dimaklumi, mengingat virus SARS-CoV-2 begitu cepat menular dan menimbulkan banyak masalah. Yang perlu dilakukan sekarang, selain menjaga kesehatan fisik, juga mencari trik untuk mengatasi stres dan kecemasan Anda.

Hari ini. sudah berapa kali Anda melihat atau mencari berita seputar Covid-19? Mencari tahu perkembangan tentang pandemi ini memang tidak salah. Sayangnya, terlalu sering memantau berita tentang pandemi yang masih terus berlangsung, membuat stres dan rasa cemas menjadi-jadi.

Yang juga bisa bikin stres karena Anda tidak bisa berkumpul bersama keluarga atau teman. Sebelum pandemi, dengan mudah kita bisa mengunjungi saudara, kerabat, atau teman. Sekarang, kunjungan atau bertemu tatap muka menjadi sesuatu yang harus diperhitungkan. Toh Anda tak ingin tertular atau menularkan virus ini kan?
Tidak ada yang salah dengan stres yang dirasakan. Justru, dengan menyadari stres atau rasa cemas yang ada, bisa membantu Anda mengatasinya secara benar.

Berikut sejumlah trik untuk mengatasi stres, cemas, dan juga rasa bosan, saat harus menghabiskan waktu di rumah, seperti dikutip Healthline.

* Jelajahi museum secara virtual.
Sekarang sudah banyak museum maupun galeri yang menerima kunjungan virtual. Lebih dari 500 museum dan galeri di seluruh dunia telah bekerja sama dengan Google Arts & Culture, memajang koleksi mereka secara daring untuk tur visual. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menjelajahi museum yang ingin didatangi.

* ‘Jalan-jalan’ di taman nasional.
Tentu saja, jalan-jalan ini secara virtual. Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi taman nasional, kini saatnya menjelajahinya. Yang menyenangkan, Anda tidak perlu repot mengurus tiket, penginapan, visa, dan sebagainya.
Anda cukup membuka laptop yang terhubung dengan internet tentunya, dan mencari taman nasional yang memiliki program jelajah virtual. Anda bisa menjelajah di The Hidden Worlds of the National Parks, sebuah dokumenter dan pameran interaktif dari Google Arts & Culture. Pameran ini mengajak Anda untuk melakukan tur 360 derajat di Taman Nasional Amerika Serikat, termasuk area yang belum pernah dilihat oleh banyak orang. Di sini, Anda bisa mempelajari fakta-fakta menyenangkan dari jagawana yang memandu tur, terbang ke gunung berapi aktif di Hawai’i Volcanoes National Park, menyelam di Dry Tortugas National Park, dan masih banyak lagi.

* Melihat hewan liar.
Tertarik untuk mengetahui kondisi hewan liar saat pandemi ini? Anda bisa melihatnya secara real-time dengan bantuan kamera live di Explore.org. Selain itu, Anda bisa masuk ke Bear.com sambil melihat beruang menangkap salmon di Alaska.
Kalau ingin melihat binatang laut, Anda bisa melihat Field Trip Friday dari Aquarium Georgia. Ada belluga, penguin, atau singa laut yang sedang bermain bersama para pelatihnya. Memang tidak disiarkan secara langsung, tetapi paling tidak, dapat mengobati keinginan untuk melihat hewan-hewan laut yang lucu-lucu itu.

* Berkeliling kota sambil mendengarkan radio.
Kangen berjalan-jalan naik mobil sambil mendengarkan musik? Coba Anda buka driveandlisten.herokuapp.com. Di sini Anda bisa memilih kota-kota di dunia untuk berkendara secara virtual seraya mendengarkan radio yang lagu-lagunya sesuai dengan kota yang Anda kunjungi.

* Jadi anggota Ipusnas.
Tahukah Anda ada aplikasi untuk Perpustakaan Nasional? Ya, namanya Ipusnas. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut dan menjadi anggotanya untuk dapat meminjam serta membaca koleksinya, gratis!
Ada ribuan judul buku yang tersedia di Ipusnas. Jadi Anda tak bakal kehabisan bahan bacaan.

* Diam selama dua menit.
“Ah, cuma dua menit! Tidak sulit,” begitu pikir Anda. Tetapi bagi mereka yang selalu dikelilingi ponsel, laptop, aplikasi musik digital, dan lainnya, waktu dua menit terasa sangat lama. Ketika sedang tidak mengetik di laptop, pasti tangan Anda langsung meraih ponsel untuk mengecek media sosial. Nah, sekarang saatnya Anda melupakan gadget dan mencoba duduk diam, benar-benar diam untuk mendengarkan suara-suara di sekeliling Anda. Cobalah dengarkan desiran angin, rintik hujan, atau suara burung. Nikmati segala hal yang ada di sekitar untuk memanjakan seluruh indera Anda.

* Napas dalam.
Menurut sejumlah penelitian, napas Anda bisa menjadi alat sangat efektif untuk menenangkan dan mengelola kecemasan. Anda bisa mencoba latihan bernapas dalam dari DeStress Monday atau DOYOU Yoga. Selain itu, ada gambar GIFs yang membantu Anda berlatih napas dalam.

* Lakukan meditasi.
Bermeditasi bagi banyak orang bisa membuat lebih rileks atau tenang. Namun tak sedikit yang merasa kesulitan melakukannya. Untungnya, sekarang banyak kelompok yang melakukan meditasi bersama-sama secara virtual. Bahkan ada yang bermeditasi saat bulan purnama. Selain itu, Anda bisa belajar meditasi di Youtube. Coba cek di media sosial, ya!

* Saatnya belajar memijat.
Sebelum pandemi, kala tubuh terasa lelah, dengan mudah Anda tinggal datang ke tempat pijat atau memanggil pemijat langganan. Sayangnya, saat ini Anda jadi sulit bila ingin minta dipijat. Kalau begitu, sekarang waktunya Anda berlatih memijat. Anda bisa berlatih memijat melalui tutorial di Youtube, atau minta bantuan pasangan untuk memijat tubuh Anda. Jadi makin rileks, kan? (dys)