Presiden Joko Widodo Targetkan 1 Juta Vaksinasi Covid-19 Per Hari

Percepatan vaksinasi Covid-19 harus segera dilakukan untuk menghambat penyebaran virus corona./foto: Freepik.com
Percepatan vaksinasi Covid-19 harus segera dilakukan untuk menghambat penyebaran virus corona./foto: Freepik.com

sehatnews.id – Presiden Joko Widodo menargetkan vaksinasi Covid-19 bisa mencapai 1 juta dosis per hari, guna mencapai kekebalan komunal (herd immunity) serta menghambat penyebaran Covid-19. Percepatan tersebut akan dilaksanakan mulai bulan Juli, sementara pada Juni ini ditargetkan vaksinasi Covid-19 mencapai 700.000 dosis per hari.

Untuk mencapai target tersebut Presiden menginstruksikan institusi TNI/Polri ikut melaksanakan vaksinasi Covid-19, dengan rincian 400.000 dosis per hari melalui institusi TNI/Polri dan 600.000 dosis per hari melalui jalur pemerintah daerah.

Saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Senin (14/06/21), Presiden mengungkapkan, model di Bekasi yang mencapai banyak warga bisa diterapkan di kabupaten/kota yang lain. “Tadi kata Pak Wali bisa mencapai 10 ribu sehari,” ungkap Presiden, didampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Walikota Bekasi Rahmat Effendi.

Selain Bekasi, Presiden juga meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Waduk Pluit dan rumah susun Tanah Tinggi, DKI Jakarta. Untuk DKI Jakarta Presiden menargetkan 7,5 juta penduduk sudah divaksinasi pada akhir Agustus 2021.

“Nanti di akhir Agustus target 7,5 juta penduduk di Jakarta sudah harus tervaksinasi. Ini memang target yang sangat ambisius tetapi mau tidak mau kita harus menuju ke sana untuk mencapai kekebalan komunal, herd immunity,” tegas Joko Widodo, seperti dirilis kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden. (rin)