Biar Bumil Bisa Bobok Cantik

Kualitas tidur yang baik penting untuk kesehatan ibu dan janin./foto: indiatimes.com
Kualitas tidur yang baik penting untuk kesehatan ibu dan janin./foto: indiatimes.com

sehatnews.id – Gangguan tidur kerap dikeluhkan ibu hamil, seperti insomnia, sering bangun di malam hari, kualitas tidur yang buruk, dan sebagainya. Padahal menurut Johns Hopkins Medicine, di Baltimore, AS, masalah tidur pada bumil bisa menimbulkan risiko komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia dan diabetes gestasional, juga proses persalinan yang lama dan tindakan cesar.

Sebaliknya cukup tidur dan berkualitas akan membuat ibu hamil dan janinnya selalu sehat, otaknya sehat, pembuluh darah lancar, kadar gula darah stabil, dan sistem imun tubuh tetap kuat.

Apa yang bisa diupayakan supaya ibu hamil bisa tidur nyenyak?

  • Naik ke tempat tidur ketika Anda sudah benar-benar mengantuk, atau saat merasa lelah.
  • Cari posisi enak. Tidur telentang saat perut membesar, sekitar usia kehamilan 16 minggu ke atas, bisa terasa tidak nyaman. Kandungan yang kian besar juga bisa menekan pembuluh darah besar dan membuat ibu merasa sakit kepala. Tidur miring, menopang perut dengan bantal, dan meletakkan bantal di antara kedua kaki ibu, akan lebih nyaman.
  • Buat kamar senyaman mungkin dengan udara sejuk, pencahayaan temaram, dan suasana tenang.
  • Mandi air hangat di sore hari akan membuat tubuh rileks dan mengurangi rasa tidak nyaman terkait kehamilan.
  • Latihan rileksasi seperti pernapasan dalam akan membantu mengurangi rasa cemas yang dialami kebanyakan ibu hamil. Latihan pilates dan yoga dapat membuat ibu hamil lebih rileks, juga membantu memperlancar sirkulasi sehingga mencegah kram di malam hari dan ibu hamil bisa nyenyak tidur.
  • Membaca buku atau bacaan ringan dapat membantu Anda cepat mengantuk. Jangan membaca novel yang membuat Anda terbawa perasaan sehingga ikut bersedih, atau kisah misteri yang mengerikan.
  • Terapkan pola makan sehat seimbang. Makan dengan porsi kecil tapi sering ketimbang sekali makan langsung banyak. Hindari makanan yang terlalu berlemak atau berempah karena dapat merangsang keluarnya asam lambung.
  • Cukup minum di siang hari dan batasi minum menjelang tidur, supaya tidak terbangun untuk berkemih. Cukup asupan air dapat mencegah kram kaki yang sering dialami ibu hamil dan mengganggu tidur.
  • Redakan kecemasan. Coba ungkapkan apa yang Anda cemaskan kepada pasangan, sahabat, kerabat, atau seorang ahli jika perlu. Ini akan membuat Anda merasa lebih tenang.
  • Tidur siang akan membayar kekurangan tidur di malam hari. Berbaringlah di tempat yang dirasa nyaman dan rileks, misalnya di sofa. Meski hanya pulas selama 30 menit atau 1 jam, akan mengurangi rasa lelah dan membuat Anda lebih segar. (rin)