Mengusir Virus Corona dengan Teh Hangat

Minum teh hangat tak hanya melegakan tenggorokan yang sakit, tapi juga menangkal virus corona./foto: lin
Minum teh hangat tak hanya melegakan tenggorokan yang sakit, tapi juga menangkal virus corona./foto: lin

sehatnews.id – Nara Medical University di Kamihara City, Prefektur Nara, Jepang melakukan penelitian efek teh terhadap Covid-19 pada November lalu. Tampak bahwa teh bisa mendetoksifikasi Covid-19 sehingga jadi kurang menular.

Riset tersebut masih di tahap awal dan efikasinya belum dikonfirmasikan pada tubuh manusia. Namun dalam riset tersebut, ketika virus direndam dalam sebotol kecil teh selama satu menit, toksisitas virus berkurang 99 persen.

Profesor dari Departemen Mikrobiologi dan Penyakit Menular di Nara Medical University, Yano Hisakazu adalah pemimpin riset tersebut. Para peneliti itu melakukan eksperimen terhadap 10 varietas dan merek teh yang lazim dijual dalam botol plastik di Jepang.

Hasil paling signifikan ditemukan pada teh hitam yang masih ada daun tehnya. Teh hitam ini bisa mengurangi toksisitas virus sampai 99 persen dalam satu menit, dan 99,9 persen dalam 10 menit. “Ada kemungkinan manfaat teh dalam mendetoksifikasi virus ini juga efektif ketika diminum manusia,” kata. Prof. Yano.

“Sudah dibuktikan bahwa senyawa katekin dalam teh efektif melawan virus influenza. Harapannya, efeknya juga akan sama terhadap Covid-19 ketika kita minum teh,” katanya.

Memang hasil penelitian terhadap manusia belum terbukti. Tetapi tak ada salahnya minum teh hangat saat badan terasa mulai tak enak. Kehangatan teh itu paling tidak bisa melegakan tenggorokan. (lin)