Teh Hijau Plus Air Lemon Manfaatnya Maksimal

Kandungan antioksidan dalam minuman teh hijau meningkat menjadi empat kali lipat bila dibubuhi air perasan lemon./foto: Freepik.com
Kandungan antioksidan dalam minuman teh hijau meningkat empat kali lipat bila dibubuhi air lemon./foto: Freepik.com

sehatnews.id – Teh hijau merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. Antioksidan ini penting untuk melawan radikal bebas yang dapat memicu terjadinya berbagai penyakit, seperti kanker, penyumbatan pembuluh darah, dan sebagainya.

Supaya khasiat sehat teh hijau diperoleh secara optimal, ikuti sejumlah kiat ini.

  • Pilih teh hijau yang berasal dari kawasan beriklim tropis. Kian cerah iklimnya, kian banyak pula kandungan antioksidannya. Menurut para ahli di Beltsville Human Nutrition Research Center (BHNRC), Maryland, AS, kadar antioksidan tertinggi terdapat dalam teh hijau yang berasal dari Provinsi Yunnan, Tiongkok.
  • Seduh dengan air mendidih. Menurut penelitian di Tiongkok, teh hijau mengeluarkan antioksidan paling banyak bila diseduh dengan air mendidih bersuhu 100 derajat Celsius.  
  • Setelah diseduh, tambahkan air perasan lemon. Hal ini akan meningkatkan jumlah antioksidan yang diserap, bisa sampai empat kali lipat per cangkirnya.
  • Beli teh hijau dalam kemasan kecil. Sebuah penelitian yang dirilis dalam Journal of Food Science menunjukkan, kadar antioksidan teh hijau menurun setelah dua bulan disimpan. Maka, belilah teh hijau dalam kemasan kecil saja. (rin)