7 Manfaat Pose Yoga Downward Dog

Pose downward dog mengalirkan darah ke wajah sehingga tampak glowing./foto: pras
Pose downward dog mengalirkan darah ke wajah sehingga tampak glowing./foto: pras

sehatnews.id – Boleh dibilang downward dog adalah gerakan yoga paling dasar. Gerakan ini paling sering dilakukan di kelas yoga, terutama saat pemanasan dan pendinginan. Gerakan ini juga dilakukan saat sun salutation.

“Postur downward dog sejatinya cukup menantang dan butuh kekuatan untuk melakukannya,” kata guru yoga senior dari Santa Monica, California, Lauren Weisman. Karena gerakan ini menggunakan seluruh tubuh, efeknya pun dirasakan dari kaki hingga kepala.

Berikut ini manfaat gerakan downward dog:

  1. Mengusir kembung. Latihan yoga dapat menstimulasi organ tubuh. “Semua gerakan terbalik, yaitu ketika posisi jantung di bawah kepala, mendorong aliran darah yang memberi energi sekaligus menenangkan tubuh. Melakukan gerakan ini dapat membantu mengatasi kembung,” kata Weisman.
  2. Mengatasi hidung mampat. Memang belum ada penelitian yang membuktikan manfaat yoga untuk alergi. Namun menurut Rachna Shah, MD, ahli alergi dari Loyola Gottleib Memorial Hospital di Melrose Park Illinois, sejumlah pasien merasakan kelegaan saluran hidung setelah latihan yoga. Gerakan terbalik seperti downward dog, headstand, dan bridge pose dapat membuka sinus dan mengalirkan lendir yang bikin hidung mampat. Latihan pernapasan pranayama yang dilakukan bersamaan dengan downward dog juga bisa membantu mengatasi hidung mampat.
  3. Menguatkan tulang. “Downward dog adalah cara yang baik untuk memperkuat tubuh bagian atas dan membangun kepadatan tulang karena terhitung sebagai latihan beban,” kata Elizabet Manejias, MD, ahli fisioterapi di Hospital for Special Surgery di New York City. Memiliki tubuh bagian atas yang kuat pun ternyata membantu mengatasi osteoporosis.
  4. Memperbaiki postur tubuh. Downward facing dog adalah resep mujarab untuk kita yang cenderung malas duduk atau berdiri tegak. “Gerakan ini berguna membuka dinding dada dan bahu yang sering membulat ketika tubuh berjam-jam bekerja di meja kerja,” kata Manejias. Latihan gerakan ini secara rutin mungkin juga bermanfaat mengatasi nyeri leher dan punggung yang terkait dengan postur yang buruk.
  5. Melatih seluruh tubuh. Downward dog tak hanya meregangkan dan menguatkan tubuh. Menurut Weisman, pose ini selain melatih tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan, kita juga akan merasakan manfaat di tangan, lengan, bahu, punggung, betis, otot hamstring, bahkan di telapak kaki.
  6. Menguatkan kaki. Selain melatih pergelangan dan betis, downward dog juga memperkuat otot-otot di telapak kaki. Latihan downward dog yang fokus pada kaki dan pergelangan dapat membantu melatih kaki bereaksi cepat dan mentransfer berat badan dengan efektif. Untuk mendapatkannya lakukan gerakan mengayuh (menekuk lutut dan pergelangan kaki sementara tumit terangkat) saat melakukan gerakan downward dog untuk memperdalam peregangan di kaki.
  7. Bikin kulit glowing. Gerakan downward dog mengalirkan darah ke wajah dan otak. “Jika ditambahkan dengan fokus saat latihan, gerakan ini akan menambahkan ekspresi wajah yang lebih kalem,” kata ahli kulit dari Loyola University Medical Center di Chicago, Rebecca Tung, MD. (lin)