Bantu Anak Meredakan Pilek

Ajari anak untuk membuang ingus dengan benar, agar jalan pernapasannya lebih lega./foto: childrens.com
Ajari anak untuk membuang ingus dengan benar, agar jalan pernapasannya lebih lega./foto: childrens.com

sehatnews.id – Gejala flu yang paling sering muncul adalah pilek dan hidung tersumbat. Orang dewasa saja merasa sebal bila pilek menyerang, apalagi anak-anak. Mereka cenderung rewel, karena dibuat repot harus bolak-balik mengelap hidung. Belum lagi bila malam tak bisa tidur, gara-gara hidung tersumbat. 

Untuk membantu anak-anak mengatasi keluhan tersebut, beberapa cara dari Mayo Clinic ini bisa dilakukan.

  • Beri anak cukup minum. Air putih, teh manis hangat, atau jus buah dapat diberikan untuk membantu melonggarkan hidung tersumbat. Sup ayam juga merupakan pilihan yang baik, karena memiliki efek antiinflamasi ringan.
  • Menghirup uap air. Siapkan air panas di baskom, bubuhi beberapa tetes minyak kayu putih. Bantu anak untuk menghirup uapnya. Cara ini dapat membantu melonggarkan jalan napasnya yang tersumbat.
  • Minta anak untuk batuk. Batuk dapat membantu mengeluarkan dahak dari jalur pernapasan. Anda juga bisa minta anak melakukan seperti bersin untuk mengeluarkan ingus di hidung. Tekan salah satu sisi hidung dan minta anak mengeluarkan ingus dari sisi hidung yang terbuka.
  • Istirahat. Anak-anak ketika sedang sakit pun sering kali tak mau diam. Temani anak agar benar-benar beristirahat untuk mempercepat proses penyembuhannya. (rin)