Cara Sehat Santap Fast Food

Boleh saja sesekali menikmati fast food, asal tidak berlebihan dan memilih menu yang lebih sehat./Foto: Freepik.com
Boleh saja sesekali menikmati fast food, asal tidak berlebihan dan memilih menu yang lebih sehat./Foto: Freepik.com

sehatnews.id – Ada kalanya kita kangen sama aneka menu di restoran cepat saji. Apalagi setelah melihat paket menu baru yang ditawarkan melalui iklan di media elektronik. Hmm…. benar-benar menggoda. Ingin rasanya segera memesannya melalui aplikasi online.

Mengonsumsi makanan cepat saji (fast food) jika hanya sesekali tentu tidak masalah. Kalau khawatir akan jumlah kalori yang berlimpah, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih menu yang lebih sehat. Panduan berikut mungkin bisa Anda pakai untuk menikmati fast food dengan cara yang cukup sehat.

  • Porsi kecil. Ingin makan burger? Boleh saja, tapi lebih baik pilih porsi kecil (small) ketimbang paket combo atau porsi besar. Anda juga bisa memilih burger berisi ikan daripada daging sapi. Jika Anda tidak sanggup menolak godaan ayam goreng, kentang goreng, atau bawang goreng (onion ring), kuncinya adalah porsi kecil.
  • Ingat sayuran dan buah. Pilih menu pendamping yang sehat, seperti salad sayuran dan buah. Kalau Anda ingin menikmati sup, pilihlah sup sayuran daripada sup krim. Topping aneka sayuran dan buah di atas pizza pasti lebih sehat dibandingkan dengan irisan sosis dan berbagai bentuk daging olahan lainnya.
  • Secukupnya. Pesan menu secukupnya saja. Jangan mudah tergiur tawaran ekstra, seperti ekstra keju atau ekstra topping, meski ada harga diskon. Kelebihan porsi makanan akan menambah kalori yang masuk ke tubuh Anda.
  • Cara masak. Jika ada pilihan yang lebih sehat, kenapa tidak? Tentu lebih baik memesan kentang panggang daripada kentang goreng, atau roti lapis berisi daging panggang ketimbang daging yang digoreng.
  • Hati-hati pilih minuman. Tampilan minuman susu kocok beraneka rasa dan warna memang menggiurkan. Awas, ada timbunan kalori di balik tampilan yang memikat itu. Lebih baik Anda pesan air mineral, teh, atau jus buah. (rin)