Lemak Ikan Tuna Sahabat Jantung

Lemak pada ikan tuna tak hanya lezat tapi juga sehat./foto: JNTO
Lemak pada ikan tuna tak hanya lezat tapi juga sehat./foto: JNTO

sehatnews.id – Di luar Jepang salmon sushi adalah yang paling populer. Namun di Negeri Sakura tuna sushi yang paling disukai. Tuna adalah ikan premium yang kelezatannya setara wagyu.

Di awal tahun ikan tuna selalu bikin berita heboh. Betapa tidak, ikan tuna di tahun baru bisa laku dilelang dengan harga ratusan juta yen (puluhan miliar rupiah).

Daging ikan tuna di Jepang disebut toro. Toro dibagi menjadi dua jenis, otoro dan chutoro. Otoro merupakan bagian ikan tuna dengan kandungan lemak terbanyak. Oleh karenanya otoro berwarna merah lembut. Cita rasanya buttery dan meleleh di lidah ketika dimakan, mirip daging wagyu. Sementara chutoro adalah bagian ikan tuna dengan kandungan lemak medium. Warnanya pun lebih gelap dibandingkan otoro.

Lemak tuna tak hanya lezat, tapi juga sehat. Lemak ini mengandung asam lemak omega 3 yang menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Masyarakat Jepang amat menyukai tuna dalam bentuk sushi dan sashimi. Ini artinya daging premium itu tak dimasak. Ketika dimasak, cita rasa lembut dan buttery tuna akan hilang.

Belakangan ini ikan salmon mulai menjadi sushi favorit di sejumlah survei di Jepang. Secara tradisi, salmon bukanlah bahan untuk membuat sushi. Rata-rata penggemar salmon sushi pun orang asing. Bagi kalangan tertentu di Jepang, salmon sushi bukanlah sushi yang otentik. (lin)