Latihan Yoga Sendiri di Rumah

Selama pandemi latihan yoga menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan raga dan mental./foto: Freepik.com
Selama pandemi latihan yoga menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan raga dan mental./foto: Freepik.com

sehatnews.id – Sejatinya yoga adalah latihan yang murah meriah. Siapa saja dan di mana saja bisa mempraktikkannya. Hanya dibutuhkan kemauan yang kuat untuk berlatih yoga.

Di masa pandemi ini ketika semua orang sebisa mungkin tidak meninggalkan rumah, yoga adalah latihan yang tepat. Selain menyehatkan raga, latihan yoga baik juga untuk menjaga mental tetap waras.

Berikut ini kiat untuk latihan yoga di rumah:

  1. Kenali beberapa gerakan dasar. Sebelum mulai latihan yoga sendiri di rumah, ada baiknya mengenali beberapa gerakan yoga dasar, seperti cat cow pose, child’s pose, downward dog, plank, cobra pose, warrior pose, chair pose, dan low lunge pose. Jika sudah mengenalinya, Anda bisa mempraktikkan latihan sun salutation.
  2. Dengarkan tubuh. Salah satu keunggulan latihan bersama seorang guru adalah dia bisa mengoreksi gerakan yang kurang tepat. Memang sulit bagi diri sendiri untuk mengetahui apakah gerakan yang dilakukan sudah benar atau belum. Cara terbaik untuk mengetahui benar tidaknya gerakan saat latihan sendiri adalah memperhatikan apa yang dirasakan tubuh. Jika ada yang terasa tak enak, dengarkan tubuh dan hentikan gerakan tersebut.
  3. Ikut kelas online. Di internet ada banyak kelas yoga gratis. Salah satu keunggulan kelas daring adalah kita dapat kapan saja mengakses dan mengulangi gerakan ketika bingung. Kelas yoga ini tersedia dalam banyak pilihan aliran dan tingkat kesulitan. Pilih kelas yang sesuai dengan kemampuan. Durasi latihan pun ada banyak pilihan, mulai dari 15 menit hingga 45 menit, bahkan 1,5 jam.
  4. Siapkan peralatan. Pada dasarnya tak banyak alat yang dibutuhkan saat latihan di rumah. Anda hanya butuh ruangan yang cukup untuk menggelar matras. Matras pun tak perlu yang mahal. Paling penting justru sikap positif dan kesabaran saat berlatih. Blok yoga mungkin perlu ketika tubuh kurang fleksibel. Selimut bisa juga dibutuhkan agar tubuh lebih nyaman saat melakukan gerakan tertentu.
  5. Jangan pusingkan nama gerakan. Dalam kelas yoga, guru sering menggunakan nama gerakan yoga dalam bahasa Sanskerta. Untuk pemula ini mungkin membingungkan, tetapi jangan khawatir, setelah beberapa kali latihan Anda pasti sudah terbiasa dengan nama-nama gerakan tersebut. (lin)