Mana Lebih Sehat: Cappuccino, Latte atau Macchiato?

Caffe latte mengandung susu lebih banyak sehingga lebih lembut dan lebih manis./foto: pras.
Caffe latte mengandung susu lebih banyak sehingga lebih lembut dan lebih manis./foto: pras

sehatnews.idCappuccino, latte, dan macchiato adalah minuman populer di kedai kopi. Dari tiga jenis minuman ini, mana yang paling sehat?

Cappuccino pada dasarnya terbuat dari satu shot espresso ditambah susu panas dan busa susu. Porsinya adalah 1/3 espresso, 1/3 susu panas, dan 1/3 busa susu. Hasilnya, minuman yang creamy dan bertekstur, serta rasanya lembut.

Sementara caffe latte jika diterjemahkan secara harfiah berarti kopi susu. Latte terbuat dari satu shot espresso dan susu panas. Pada sejumlah kedai latte ditambah busa susu dan gula. Cita rasa minuman ini lebih lembut dan manis, karena mengandung susu lebih banyak.

Macchiato terbuat dari satu shot espresso yang ditambah sedikit susu. Variasi macchiato, salah satunya latte macchiato adalah satu gelas susu panas yang ditambah satu shot espresso. Dibandingkan dengan latte dan cappuccino, macchiato punya rasa kopi lebih kuat.

Cappuccino dan latte masing-masing dibuat dari satu shot espresso sehingga kandungan kafeinnya sama. Satu sajian cappuccino (475 ml) dan latte (475 mi) masing-masing mengandung 173 mg kafein. Sedangkan 60 ml macchiato mengandung kafein hanya 85 mg per sajian.

Ketiga jenis minuman ini mengandung susu dan busa susu yang berbeda. Oleh karena itu profil nutrisinya juga sedikit berbeda.

Kandungan gizi ketiganya juga dipengaruhi oleh jenis susu yang digunakan. Sedangkan kandungan kalorinya dipengaruhi oleh penambahan gula dan pemanis.

Menurut ahli gizi Rachel Link, MS, RD, dibandingkan dengan cappuccino dan macchiato, latte mengandung susu paling banyak. Kandungan kalori, lemak, dan proteinnya pun paling tinggi.

Cappuccino mengandung susu lebih sedikit dibandingkan latte. Meski demikian, masih mengandung kalori, lemak, dan protein yang cukup baik. Sementara macchiato karena mengandung susu paling sedikit, kandungan protein, lemak, dan kalorinya pun paling sedikit. (lin)