6 Tips Mengatasi Perut Buncit

Perbanyak asupan sayuran dan kurangi konsumsi gula untuk membantu mengurangi timbunan lemak di perut./foto:pras.
Perbanyak asupan sayuran dan kurangi konsumsi gula untuk membantu mengurangi timbunan lemak di perut./foto:pras.

sehatnews.id – Perut buncit bikin penampilan kurang oke, ditambah lagi risiko masalah kesehatan yang mengintai. Sudah banyak penelitian menemukan hubungan antara perut buncit dengan penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Supaya tidak jadi sarang penyakit, cobalah cara-cara ini untuk menyulap perut buncit jadi lebih rata:

  1. Hindari yang manis. Minuman dan makanan bergula dapat menaikkan berat badan. Bila kita terlalu banyak mengonsumsi yang manis-manis, hati akan kelebihan fruktosa dan akhirnya menimbunnya menjadi lemak. Kelebihan gula meningkatkan timbunan lemak di perut dan lemak di hati yang bisa menyebabkan resistensi insulin dan berbagai masalah metabolik.
  2. Konsumsi lebih banyak protein. Protein adalah nutrisi yang paling penting untuk penurunan berat badan. Penelitian membuktikan protein bisa mengurangi keinginan makan hingga 60 persen, menaikkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari, dan makan 441 kalori lebih sedikit per hari. Coba tingkatkan konsumsi makanan tinggi protein seperti telur, ikan, kacang-kacangan, daging, dan produk susu.
  3. Kurangi karbohidrat. Ini cara efektif untuk mengurangi lemak. Beberapa studi menemukan ketika asupan karbohidrat dikurangi, nafsu makan akan turun, dan berat badan pun berkurang. Studi yang membandingkan diet rendah karbohidrat dan rendah lemak, menemukan bahwa mereka yang makan sedikit karbohidrat mengalami penurunan lemak di perut, di hari, dan organ-organ tubuh lainnya. Jadi, kurangi konsumsi sumber karbohidrat seperti gula, roti putih, dan gula.
  4. Tambahkan konsumsi serat. Makanan kaya serat dapat membantu menurunkan berat badan. Yang paling berpengaruh menurunkan berat badan adalah serat larut air. Serat jenis ini mengikat air dan membentuk gel kental yang memperlambat pencernaan. Hasilnya, perut jadi kenyang lebih lama. Cara terbaik mengasup serat adalah mengonsumsi banyak sayur dan buah.
  5. Olahraga teratur. Olahraga adalah tindakan terbaik untuk panjang umur, tetap sehat, serta membantu mengurangi lemak perut. Latihan olahraga aerobik seperti jalan kaki, berlari, dan berenang bisa mengurangi lemak di perut.
  6. Mencatat asupan makanan. Kita sering berpikir sudah makan cukup protein, rendah karbohidrat dan lemak. Tetapi tanpa dicatat bisa saja sebenarnya kita kekurangan atau kelebihan gizi tertentu. Mencatat asupan makanan tidak berarti kita harus mencatat semua makanan yang disantap. Mencatat makanan dalam beberapa hari saja bisa membantu menyadarkan kita berapa banyak makanan yang sudah kita konsumsi dalam sehari. (lin)