Rambut Rontok? Atasi dengan Makanan Ini

Banyak hal yang bisa menyebabkan rambut rontok, salah satunya kekurangan nutrisi. Asuplah berbagai makanan yang penting untuk kesehatan rambut./foto: skinkraft.com
Banyak hal yang bisa menyebabkan rambut rontok, salah satunya kekurangan nutrisi. Asuplah berbagai makanan yang penting untuk kesehatan rambut./foto: skinkraft.com

sehatnews.id – Kebanyakan orang pernah mengalami masalah rambut rontok. Sedih campur kesal rasanya saat melihat berhelai-helai rambut terbawa di sisir setiap kali kita merapikan rambut. Belum lagi mendapati banyak rambut berserak di bantal ketika kita bangun tidur. Duh, bisa cepat botak ini!

Rambut rontok bisa terjadi karena stres, hormon yang tidak seimbang, nutrisi yang buruk, dan penggunaan produk yang mengandung zat kimia tertentu.

Untuk mencegah atau mengatasi rambut rontok, rapuh, atau rusak, selain perawatan dari luar, perlu didukung dengan pola makan sehat. Makanan yang mengandung antioksidan, zat besi, dan protein penting untuk membantu menyehatkan rambut, menguatkan akar rambut, serta memperbaiki pertumbuhan rambut.

Konsumsi beberapa makanan ini untuk mengatasi masalah rambut Anda:

  • Alpukat. Buah berdaging lembut ini kaya akan omega 9, asam folat, vitamin B dan E, serta potasium. Nutrisi-nutrisi ini bermanfaat antara lain untuk meningkatkan serapan oksigen dan memperlancar sirkulasinya ke kulit kepala, sehingga pertumbuhan rambut lebih sehat. Menurut studi International Journal of Trichology menemukan mineral potasium dan magnesium di dalam alpukat dapat memperkuat sel-sel kutikula, sehingga mencegah rambut rapuh dan rontok.
  • Bayam. Sayur ini mengandung folat, magnesium, zat besi, vitamin A, B dan C. Zat besi membantu sel-sel darah merah membawa oksigen untuk pertumbuhan dan perbaikan rambut. Kekurangan zat besi menyebabkan rambut rontok.   
  • Wortel. Vitamin A yang dikandung wortel vital untuk kesehatan rambut, membuat rambut lebih kuat dan lebat. Antioksidannya akan membantu menyehatkan akar rambut, sehingga tidak mudah rontok.  
  • Ubi jalar. Umbi manis ini kaya akan A, C, E, juga beta karoten, antioksidan yang dapat membantu menyehatkan kulit kepala, memperbaiki kerusakan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut, juga membantu produksi kolagen. Sebuah studi oleh tim ahli dari School of Pharmaceutical Sciences, Universiti Sains Malaysia, menyatakan properti antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif, penyebab terbesar rambut rontok dan kebotakan.   
  • Telur. Ini sumber protein yang baik. Protein merupakan nutrisi esensial untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Karotenoid pada telur seperti lutein dan zeaxanthin diperlukan untuk meningkatkan produksi kolagen dan mencegah kerontokan. Kuning telur mengandung kombinasi nutrisi yaitu vitamin A, D, dan E, folat serta biotin yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Sebuah studi yang dirilis dalam National Library of Medicine menyatakan, telur dapat merangsang pertumbuhan rambut baru, mengatasi kerontokan dengan cara merangsang kulit kepala dan menutrisi akar rambut.
  • Ikan. Makanan laut ini mengandung asam lemak omega 3 (EPA dan DHA) yang esensial untuk mencegah kerusakan rambut dan pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Protein, selenium, vitamin D3, dan vitamin B di dalam ikan juga membantu memperkuat dan menyehatkan rambut. Anda bisa mendapatkan omega 3 dari ikan tengiri, ikan kembung, tuna, teri, dan sarden. (rin)