Ingin yang Manis Tanda Tubuh Minta Mineral

Penuhi kebutuhan tubuh akan berbagai mineral dari sayuran, produk susu, kacang-kacangan, dan makanan alami lainnya./foto: Freepik.com
Penuhi kebutuhan tubuh akan berbagai mineral dari sayuran, produk susu, kacang-kacangan, dan makanan alami lainnya./ foto: Freepik.com

sehatnews.id – Ada kalanya kita seperti orang ngidam, padahal tidak hamil. Rasanya ingin makan yang manis-manis. Itu wajar saja. Keinginan menyantap makanan manis, asin, dan yang lain, bisa menjadi tanda kalau tubuh membutuhkan mineral tertentu.

Seorang ahli naturopati dari Arizona, AS, Dr. Colleen Huber, seperti dikutip dari Natural Solution membagi kiat sehat untuk memuaskan keinginan tersebut. Bukan dengan makan cake atau minum minuman bergula, tetapi mengonsumsi makanan alami bernutrisi.

  • Ingin makanan manis? Jangan buru-buru beli cake, ya. Itu artinya tubuh perlu kromium, karbon, fosfor, sulfur, atau triptofan. Penuhi kebutuhan mineral tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat. Kromium bisa diperoleh dari brokoli, jagung, anggur, kacang hijau, dan daging sapi. Untuk mendapatkan karbon, makanlah kacang-kacangan, polong-polongan, bebuahan dan sayuran. Fosfor bisa diperoleh dari ayam, telur, gandum utuh, produk susu, kacang-kacangan. Sumber triptofan adalah keju, oat, kismis, ubi, bayam, dan buah-buahan. Sedangkan sulfur bisa didapat dari telur, kubis, brokoli, kembang kol, dan sawi hijau.
  • Ngidam cokelat? Itu tanda tubuh minta magnesium. Penuhi kebutuhannya dari bayam, alpukat, tahu, kacang mede, atau beras merah.
  • Kalau ingin makanan yang asin, berarti tubuh perlu klorida. Dapatkan mineral ini dari ikan dan daging.
  • Ingin minuman berkarbonasi, tanda tubuh perlu kalsium. Santap saja keju, yoghurt, susu, brokoli, dan kedelai. (rin)