Makanan untuk Perkuat Imunitas Tubuh

Buah melon jingga kaya akan beta karoten dan vitamin C./foto: lin
Buah melon jingga kaya akan beta karoten dan vitamin C./foto: lin

sehatnews.id – Mengonsumsi makanan dengan gizi lengkap adalah cara yang baik untuk menyehatkan tubuh. Makanan kaya gizi ini bermanfaat membantu memerangi infeksi dan mencegah penyakit.

Zat yang ampuh mencegah infeksi dan memperkuat keimunan tubuh adalah antioksidan. Beta karoten, vitamin C dan E adalah nutrisi yang masuk dalam keluarga antioksidan. Manfaat utama antioksidan yakni memerangi molekul yang merusak membran sel di dalam tubuh kita yang disebut zat radikal bebas. Dengan mengonsumsi antioksidan tubuh kita jadi lebih cepat pulih ketika sakit.

Cara terbaik mendapatkan antioksidan adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah. Dokter merekomendasikan mengonsumsi 5-9 sajian beragam buah dan sayur setiap hari agar kita mendapatkan asupan antioksidan sesuai kebutuhan.

Makanan sumber beta karoten dan karotenoid di antaranya asparagus, bit, brokoli, melon jingga, wortel, jagung, jambu biji, mangga, ubi, tomat, semangka, dan buah persik. Sedangkan buah dan sayur sumber vitamin C yaitu brokoli, kembang kol, melon jingga, pepaya, jeruk, kiwi, paprika, ubi, stroberi, dan tomat.

Makanan yang mengandung vitamin E antara lain almon, minyak jagung, minyak ikan cod, lobster, ikan salmon, dan biji bunga matahari. (lin)