Cerahkan Kulit Wajah dengan Semangka

Buah semangka kaya akan nutrisi untuk memelihara kecantikan dan kesehatan./foto: Freepik.com
Buah semangka kaya akan nutrisi untuk memelihara kecantikan dan kesehatan./foto: Freepik.com

sehatnews.id – Kesegaran dan warna merah merona buah semangka begitu mengundang selera. Semangka juga kaya akan vitamin dan antioksidan yang penting bagi kesehatan tubuh. Maka sangat layak tahun ini semangka dijadikan ikon pada hari buah sedunia yang diperingati setiap awal Juli lalu.

Khusus untuk kecantikan kulit, semangka ternyata juga memiliki manfaat luar biasa. Itu sebabnya saat ini banyak produk kosmetik yang menggunakan semangka sebagai bahan utamanya.

Buah ini kaya akan asam malat yang dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit lebih halus, lembab, dan bersinar. Asam malat baik untuk tipe kulit sensitif.

Untuk pelembab kulit, semangka ini sangat tepat. Kandungan buah semangka lebih 90 persen berupa air, sehingga mampu menghidrasi kulit. Demikian menurut Julia Tzu, MD, ahli dermatologi dari Wall Street Dermatology, New York City.

Selain itu, semangka kaya akan vitamin A, B, C, dan likopen yang baik untuk menangkal munculnya keriput, kerutan, dan garis halus. Likopen merupakan agen antipenuaan yang membantu memperlambat proses penuaan kulit.

Likopen membantu memperbaiki sel kulit yang rusak, meregenerasi kulit, melawan radikal bebas penyebab penuaan dini, dan mempambat kerusakan kolagen sehingga kekencangan dan elastisitas kulit terjaga lebih lama. Likopen juga bersifat antiinflamasi sehingga baik untuk meredakan iritasi kulit.  

Vitamin A dan C merupakan nutrisi yang penting untuk memperbaiki kulit yang rusak akibat luka, terbakar matahari, dan stres. Selain itu juga merangsang produksi kolagen dan  mencerahkan kulit kusam.   

Sedangkan vitamin E di dalam semangka, menurut Anna Guanche, ahli dermatologi di California, baik untuk membantu menyamarkan hiperpigmentasi, menghilangkan garis halus dan menetralisasi efek radikal bebas.  

Tak hanya memelihara kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam, semangka juga baik digunakan untuk perawatan luar. Caranya? Campurkan daging buah semangka, yoghurt, dan 1 sdt madu, aduk hingga berupa pasta lembut. Bersihkan wajah, lalu oleskan masker semangka ke kulit wajah dan leher. Diamkan sekitar 15-20 menit, kemudian bilas. Lakukan ini dua kali seminggu untuk mendapatkan kulit cerah bersinar. (rin)