Cara Usir Semut yang Nyasar ke Telinga

sehatnews.id – Anda pernah merasakan telinga kemasukan serangga, seperti semut? Rasanya semut itu memenuhi telinga. Apalagi jika semut itu terus bergerak, merambat, mendengung, menimbulkan sensasi aneh di dalam telinga. Duh, sakit sekali.

Jika kita melakukan tindakan keliru, seperti menepuk-nepuk telinga atau memasukkan cotton bud, semut bisa terdorong ke dalam. Alih-alih diam, si semut malah akan bergerak tak karuan dan mungkin menggigit. Rasanya makin nyeri. Apabila semut masuk sampai ke gendang telinga bisa mengiritasi saraf kranial di area tersebut.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya? Cobalah kiat dari Mayo Clinic berikut ini.

  • Tetap tenang. Jangan memasukkan kapas (cotton bud) ke telinga, karena dapat mendorong semut semakin dalam hingga ke gendang telinga.
  • Miringkan kepala dan goyang-goyangkan kepala agar serangga jatuh. Jangan memukul telinga.
  • Teteskan sedikit minyak zaitun atau baby oil ke telinga supaya licin dan semut terjatuh.
  • Masukkan air hangat ke dalam telinga dan miringkan kepala agar serangga keluar terbawa aliran air.
  • Jika segala upaya sendiri belum berhasil atau sesudahnya telinga terasa tambah nyeri, kemerahan, atau bengkak, segera periksakan ke dokter ahli THT.

Untuk mencegah agar telinga aman, jaga rumah selalu bersih sehingga serangga tidak berkeliaran di dalam rumah. Jika beraktivitas di luar rumah oleskan losion antiserangga atau gunakan penutup telinga. (rin)