Rio The Survivor Raih 24 Penghargaan Internasional

Film Rio The Survivor berhasil meraih 24 penghargaan internasional. Foto: Rio The Survivor
Film Rio The Survivor berhasil meraih 24 penghargaan internasional. Foto: Rio The Survivor

sehatnews.id – Kabar menggembirakan dari dunia film tanah air, film Rio The Survivor masuk nominasi Durban International Film Festival (DIFF) di Afrika Selatan.  

Film yang mengangkat kisah nyata perjuangan seorang anak pengidap HIV ini masuk nominasi dalam festival film yang telah berusia 42 tahun dan paling bergengsi di benua Afrika tersebut, serta menjadi salah satu ajang kualifikasi untuk Academy Award.

Untuk tahun 2021, DIFF menerima lebih 3.000 film dari berbagai belahan dunia dan telah dipilih 35 film yang masuk nominasi Film Terbaik kategori Feature atau film panjang.

Tidak hanya masuk nominasi di DIFF, Rio The Survivor juga akan ditayangkan secara perdana di Afrika Selatan.

Penayangan khusus hanya untuk wilayah Afrika Selatan tersebut akan berlangsung pada 23 Juli hingga 1 Agustus 2021.

Prestasi ini menambah daftar apresiasi yang telah diraih Rio The Survivor.

Sejauh ini Rio The Survivor telah meraih 24 penghargaan dari berbagai festival film internasional di berbagai negara dengan perincian 19 sebagai pemenang dan lima sebagai finalis dan nominasi, dua di antaranya masih berlangsung yakni di Spanyol dan Afrika Selatan.

Di Rio The Survivor, Evan pun dinobatkan sebagai Best Actor di Rumania, Swedia, India, dan Venezuela. Sedangkan Yudie dinobatkan sebagai Best Director di Inggris, India, Venezuela, serta meraih Best Script Writer di India dan Best Screenplay di Venezuela. Untuk filmnya, Rio The Survivor dinobatkan sebagai Best Movie di Inggris, Turki, Swedia, India, Venezuela, Honorable Award Best Film di Italia, serta beberapa nominasi di beberapa negara termasuk di festival yang masih berlangsung di Spanyol dan Afrika Selatan.