Turunkan Kolesterol dengan Teh Cina

Menyeduh teh dengan air dingin akan mengurangi kadar kafeinnya./foto: lin
Menyeduh teh dengan air dingin akan mengurangi kadar kafeinnya./foto: lin

sehatnews.id – Teh asal negeri Cina sudah beribu tahun dikenal menyehatkan. Jenisnya beragam, seperti teh hijau, teh hitam, dan teh oolong, yang kesemuanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini sejumlah manfaat sehat teh Cina:

  1. Menurunkan berat badan. Penurunan berat badan dengan teh Cina ini harus dibarengi dengan olahraga dan program nutrisi, untuk mencapai berat badan ideal. Minum teh tanpa gula merupakan salah satu upaya yang membantu mempercepat proses penurunan berat badan. Teh yang disarankan adalah teh hijau dan pu’er.
  2. Menurunkan kolesterol. Secangkir teh disertai pengaturan pola makan bermanfaat menurunkan kadar kolesterol darah. Beberapa hasil studi menyatakan bahwa kadar katekin dalam teh hijau bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Disarankan minum teh hijau untuk menurunkan kolesterol.
  3. Mencegah gigi berlubang. Teh merupakan sumber fluorida yang bermanfaat memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang. Yang disarankan, semua jenis teh.
  4. Mempercantik kulit. Pengobatan tradisional Cina menggunakan teh hijau untuk mengobati penyakit kulit. Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut polifenol, yang beraksi menghilangkan zat radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat memicu kerusakan dan penuaan kulit jika didiamkan berada di dalam tubuh terlalu lama.
  5. Memperkuat kekebalan tubuh. Minum teh juga berkhasiat memperkuat kekebalan tubuh. Zat kekebalan tubuh itu ada di polisakarida di dalam teh. Polisakarida membantu tubuh memerangi infeksi virus dan bakteri. Jenis yang disarankan adalah teh oolong.
  6. Mengurangi ketergantungan kafein. Secangkir kopi mengandung sekitar 130 mg kafein, sedangkan teh hitam kurang dari 50 mg. Kandungan kafein teh hijau dan teh putih bahkan lebih rendah ketimbang teh hitam. Konsumsi kafein yang berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala dan sulit tidur. Minum teh membantu kita bisa mengurangi konsumsi kafein hingga 60 persen. Teh hijau bisa jadi alternatif sehat untuk mendapatkan sedikit kafein saja. Jenis teh yang disarankan adalah teh hitam, teh hijau, dan teh putih.
  7. Rehidrasi tubuh. Minuman berkafein bisa menyebabkan dehidrasi. Teh tidak menyebabkan dehidrasi, kecuali kita minum lebih dari 10-15 cangkir teh hitam atau lebih dari 20 cangkir teh hijau. Jika tidak berlebihan teh justru memberi asupan cairan untuk tubuh. (lin)