Boga Bahari Uni Nikmat Bergizi

Makanan laut, bulu babi ini kaya akan protein, serat, berbagai vitamin dan mineral./foto: lin
Makanan laut, bulu babi ini kaya akan protein, serat, berbagai vitamin dan mineral./foto: lin

sehatnews.id – Uni adalah bulu babi dalam bahasa Jepang. Boga bahari satu ini biasa disantap di restoran sushi di Negeri Sakura. Rasanya unik, lezat, creamy dan lebih menantang saat menikmatinya dalam keadaan mentah.

Buat yang suka menikmati sushi yang masih segar, tanpa dimasak, sesekali cobalah memesan sushi uni. Rasa lezat umami langsung terasa ketika boga bahari berwarna kuning ini masuk ke mulut.

Di Jepang uni termasuk makanan laut yang mahal. Salah satu penyebabnya, dibutuhkan banyak usaha untuk memanennya. Setelah ditangkap di laut, cangkangnya harus dibuka dan dibersihkan. Harga setiap cangkang uni di salah satu kios di Tsukiji, Tokyo kira-kira 500 yen (sekitar Rp70.000).

Setelah dibeli, uni harus segera disantap saat masih segar. Di Tsukiji kita boleh langsung menyantapnya segera setelah pemilik kios membuka cangkang dan membersihkannya. Rasanya memang luar biasa sedap.

Uni punya banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh kita. Di dalamnya terkandung protein tinggi, serat, vitamin A dan E, kalsium, dan iodium. Kandungan kalorinya terhitung rendah. (lin)