Rendahnya Kolesterol Daging Kambing

Daging kambing merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Yang penting konsumsinya tidak berlebihan./foto: pras
Daging kambing merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Yang penting konsumsinya tidak berlebihan./foto: pras

sehatnews.id“Aku gak makan daging kambing lagi, takut darah tinggi”. Ucapan serupa itu sering kita dengar. Daging kambing memang telanjur dicap buruk dan kerap dijadikan ‘kambing hitam’ atas munculnya penyakit, seperti darah tinggi, gangguan jantung, dan stroke. Kebanyakan menuduh kandungan lemak dan kolesterol daging kambing lah yang jadi pemicunya.

Sejatinya kandungan lemak dan kolesterol daging kambing lebih rendah bila dibandingkan daging ayam dan sapi. Selain itu, daging kambing kaya akan protein, vitamin B6, B12, C, E, A, dan K, juga zat besi, zinc, kalsium, fosfor, mangan, selenium, potasium, sodium, dan tembaga.

Masih tak percaya? Coba cek fakta-fakta berikut:

  1. Rendah lemak. Kandungan lemak daging kambing lebih rendah ketimbang sapi, bahkan ayam. Sekitat 85 gr daging kambing mengandung 122 kalori, 2,6 gr lemak, dan 0,79 gr lemak jenuh. Sedangkan daging sapi dengan ukuran sama mengandung 245 kalori, 16 gr lemak, dan 6,8 gr lemak jenuh. Kalori daging ayam sedikit lebih rendah yaitu 120, tetapi lemaknya 3,5 gr dan lemak jenuh 1,1 gr.
  2. Rendah kolesterol. Dalam 85 gr daging kambing mengandung 63 mg kolesterol, sedangkan sapi sekitar 73 mg kolesterol, ayam 76 mg kolesterol.
  3. Kaya protein. Protein diperlukan untuk membantu memelihara kesehatan otot. Dalam 85 gr daging kambing terkandung 23 gr protein, ini setara dengan sapi yaitu 23 gr, sedangkan ayam 21 gr.
  4. Kaya kalsium dan potasium. Potasium penting untuk menjaga tekanan darah tetap stabil dan menyehatkan jantung, juga membantu mengatur keseimbangan cairan dan menyehatkan sistem saraf. Setiap 100 gr daging kambing mengandung 385 mg potasium , sedangkan pada daging sapi 316 mg, dan ayam 223 mg potasium.
  5. Sumber vitamin. Daging kambing mengandung vitamin B6 dan B12. Vitamin B12 esensial untuk produksi sel-sel darah merah dan menjaga sistem saraf berfungsi optimal. Juga kaya akan zat gizi mikro, seperti selenium dan kolin, yang merupakan antioksidan kuat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.
  6. Kaya zat besi dan zinc. Sekitar 85 gr daging kambing mengandung 3,3 mg zat besi, sedangkan pada ayam hanya 1,5 mg, dan sapi 2,9 mg. Untuk kandungan zinc pada daging kambing sebanyak 3,97 mg dan daging ayam 1,45 mg. (rin)