Sup Kolagen Penguat Imun Tubuh

Sup kuah kental yang dibuat dari rebusan tulang mengandung kolagen yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memelihara kecantikan kulit./foto:lin
Sup kuah kental yang dibuat dari rebusan tulang mengandung kolagen yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memelihara kecantikan kulit./foto: lin

sehatnews.id – Kuah kental yang dibuat dari rebusan tulang dan kikil yang dimasak berjam-jam memang lezat. Kuah kental ini disebut juga sup kolagen. Selain bermanfaat untuk kecantikan, kuah kental ini juga menyehatkan tubuh.

Inilah 7 manfaat sup kolagen:

  1. Sumber asam amino. Kuah dari rebusan tulang ini merupakan sumber kolagen, protein yang ditemukan pada kulit, jaringan kartilago dan tulang. Ketika direbus, kolagen dalam jaringan penghubung di tulang terurai menjadi gelatin dan berbagai asam amino yang bermanfaat untuk kesehatan seperti glisina dan glutamin.
  2. Menyehatkan pencernaan. Gelatin merupakan zat kaya protein dalam kuah kental. Ketika berada dalam saluran pencernaan, gelatin mampu mengikat air untuk mendukung pergerakan makanan di dalam usus. Riset menunjukkan bahwa gelatin bersama dengan asam amino lain yang ditemukan dalam kuah tulang mungkin punya potensi terapi untuk mengatasi peradangan pada usus.
  3. Mendukung fungsi kekebalan tubuh. Usus kecil tak hanya penting untuk penyerapan nutrisi. Organ pencernaan ini juga menjadi garda terdepan sistem kekebalan tubuh kita. Ketika usus kecil terganggu, kekebalan tubuh pun ikut kacau. Asam amino yang ditemukan dalam kuah tulang bisa berfungsi sebagai pelindung tubuh. Studi terbaru menemukan, suplementasi asam amino glutamin dapat mendukung fungsi pertahanan usus pada pasien yang sakit kritis. Riset lain menemukan, suplementasi glisina juga bermanfaat meningkatkan kekebalan usus dan keanekaragaman mikroba di usus tikus.
  4. Bikin awet muda. Mengonsumsi 300 ml kuah tulang terbukti meningkatkan kadar plasma prekursor asam amino glisina dan prolina yang dibutuhkan untuk membentuk kolagen. Dalam percobaan klinis, suplemen kolagen mampu memperbaiki kelembaban dan elastisitas kulit, serta mencegah kerut. Kolagen juga terbukti meningkatkan kepadatan mineral tulang pada perempuan menopause.
  5. Mendukung penurunan berat badan. Kolagen juga terbukti membantu menurunkan berat badan. Pada perempuan menopause, suplementasi kolagen dibantu dengan latihan beban dapat memperbaiki massa otot dan meningkatkan penurunan kadar lemak. Kolagen juga mampu memperbaiki komposisi tubuh pada pria lansia.
  6. Menyehatkan persendian. Beberapa penelitian menemukan, kolagen yang didapat dari tulang ayam efektif memperbaiki nyeri, kekakuan dan fungsi sendi pada pasien osteoarthritis. Gelatin juga bermanfaat dalam mencegah cedera dan perbaikan jaringan. Studi pada tahun 2017 menemukan, suplementasi gelatin bersama vitamin C mampu memperbaiki sintesa kolagen pascaolahraga dan memperbaiki tendon.
  7. Membantu tidur nyenyak. Asam amino glisina yang terdapat dalam kuah tulang juga berfungsi memperbaiki pola tidur. Riset menemukan, glisina terbukti efektif memperbaiki kualitas tidur pada pasien insomnia. Diperkirakan glisina membantu mengatur jam internal di dalam tubuh dan menurunkan suhu tubuh agar siap tidur.  (lin)

Sumber: BBC Good Food