Senyumlah Biar Imun Bertambah

Senyum dan tawa adalah obat gratis dan mudah didapat./foto: google.com
Senyum dan tawa adalah obat gratis dan mudah didapat./foto: google.com

sehatnews.id – Tanpa pandemi pun sudah cukup berat beban hidup manusia. Apalagi kini, pandemi membuat hidup banyak orang menjadi kian sulit. Terus kita bisa apa?

Senyumlah… Begitu ujar orang bijak. Memang senyuman tak membuat hidup kita lantas cling… berubah sempurna, tetapi senyum adalah lambang harapan dan kekuatan. Senyum adalah cara terbaik untuk menghadapi masalah dan menyembunyikan kepedihan.

Pepatah Cina mengatakan “Use your smile to change the world, don’t let the world change your smile”. Ya.., jangan biarkan dunia mengubah senyuman di wajah kita, karena senyum itu menyehatkan. Seulas senyum bahkan bisa membuat daya tahan tubuh kita meningkat.

Apa saja manfaat senyum untuk kesehatan kita?  

  • Suasana hati lebih baik. Saat kita senyum, tubuh akan melepas hormon dopamin, endorfin, dan serotonin. Rendahnya kadar ketiga hormon tersebut berkaitan dengan kondisi depresi pada seseorang. Hormon-hormon itu membantu kita untuk merasa bahagia dan lebih positif. Sebuah studi di Amerika menyatakan, ekspresi wajah tersenyum bisa memperbaiki suasana hati dan pikiran menjadi positif.
  • Imun tubuh lebih kuat. Sebuah studi yang dimuat dalam WebMD menyebutkan, tertawa akan meningkatkan sel-sel imun dan merangsang antibodi penangkal infeksi, sehingga tubuh lebih siap melawan penyakit. Ketika kita tersenyum atau tertawa akan memunculkan reaksi kimia otak yaitu keluarnya protein neuropeptida. Molekul ini menjaga toleransi imun sehingga mampu menghadapi penyakit. Senyum membuat kita lebih rileks dan sistem imun berfungsi baik dalam melindungi tubuh dari infeksi.
  • Stres berkurang. Senyum dan tawa akan meredakan stres. Riset di University of South Australia menyatakan bahwa ekspresi senyum dapat ‘mengelabui’ otak untuk bahagia, hanya dengan menggerakkan otot-otot wajah. Studi lain yang dipublikasikan dalam Psychological Bulletin menegaskan, tersenyum dapat membuat kita bahagia. Ekspresi wajah memberi pengaruh pada perasaan kita. Sedangkan studi yang dirilis dalam jurnal Experimental Psychology menyarankan aktivitas menggerakkan otot-otot wajah untuk membentuk senyuman. Walaupun senyuman ini semu, tapi dapat mempengaruhi persepsi emosi kita.
  • Nyeri mereda. Pepatah “Smile, it’s free therapy” atau “Tertawa itu sehat” bukanlah omong kosong. Tersenyum dan tertawa memang obat terbaik, yang dapat membuat tubuh melepas endorfin, zat  antinyeri alami. Senyum juga membantu tubuh memiliki toleransi yang tinggi terhadap rasa sakit.
  • Tekanan darah tinggi turun. Sebuah artikel yang dimuat dalam The College of Family Physicians menyatakan bahwa tertawa akan meningkatkan aliran oksigen, memperbaiki detak jantung, membuat otot lebih rileks, dan menurunkan tekanan darah tinggi. So, smile…(rin)