Ini Dia Kegunaan Rambut Pubis

sehatnews.id – Orang modern kini banyak yang menghilangkan rambut di ketiak dan kelamin dengan cara dicukur, di-wax, atau dilaser.Sesungguhnya apa sih kegunaan rambut pubis?

Seorang dokter spesialis kebidanan, Sara Twogood, MD menjelaskan,”Dari perspektif evolusi, rambut pubis punya manfaat perlindungan. Sebelum manusia mengenal pakaian dalam, rambut pubis bisa melindungi alat kelamin dari kotoran dan bahan berbahaya lain.”

Kemudian video Tik Tok dari dokter kebidanan asal Chicago, Allison Rodgers, MD menyebutkan kegunaan rambut pubis untuk perlindungan. Dia sebutkan bahwa rambut tersebut membantu melindungi bagian kulit kelamin yang lembut seperti labia.

Menurut Dr. Twogood, rambut di area pribadi itu juga memberikan sinyal pada feromon. Zat bernama feromon ini dikeluarkan dari rambut tersebut dan kelenjar keringat untuk membantu menarik perhatian lawan jenis.

Rambut tersebut juga membantu mengatasi friksi yang terjadi selama berhubungan seksual. Dr. Twogood mengatakan teori ini masuk akal dari perspektif evolusi. Di zaman sekarang ada pelumas yang membuat gesekan bukan lagi masalah.

Menurutnya kita boleh saja menghilangkan bulu itu. Merapikan atau melenyapkan bulu kelamin ini secara umum tidak membuat kita mengalami masalah kesehatan. “Namun tindakan menghilangkan rambut itu yang berisiko. Misalnya saja teknik penghilangan rambut yang menyebabkan rambut jadi tumbuh ke dalam, kemudian teknik yang menyebabkan iritasi atau meninggalkan luka,” jelasnya. (lin)