9 Makanan Terbaik untuk Pelancar ASI

Banyak jenis makanan yang dapat membantu ibu menyusui meningkatkan produksi ASI./foto: familyhealthdiary.co
Banyak jenis makanan yang dapat membantu ibu menyusui meningkatkan produksi ASI./foto: familyhealthdiary.co

sehatnews.id – ASI (Air Susu Ibu) adalah nutrisi paling sempurna untuk bayi agar bertumbuh kembang secara optimal. Itu sebabkan pemberian ASI eksklusif harus terus diupayakan dan didukung.Tak hanya menyehatkan fisik, pemberian ASI juga akan mempererat ikatan ibu dan bayi, memberi stimulasi, rangsang sensorik motorik, dan banyak manfaat lain.

Untuk dapat memberikan ASI secara kontinyu, ibu menyusui harus mengonsumsi makanan sehat sehingga produksi ASI lancar. Makanan itu terutama yang mengandung nutrisi, di antaranya protein, karbohidrat, lemak sehat, asal folat, dan kalsium.

Berikut ini beragam makanan laktogenik, yaitu makanan yang mengandung galaktagog, senyawa yang terdapat pada tumbuhan yang mampu merangsang produksi ASI.  

  1. Alpukat. Kandungan lemak sehatnya sangat baik untuk memmelihara jantung, dan membuat ibu menyusui (busui) tidak cepat lapar. Selain itu alpukat mengandung vitamin (B, C, E, dan K), folat, dan potasium.
  2. Asparagus. Sayuran ini tinggi serat, vitamin A dan K. Mampu merangsang hormon untuk memperlancar produksi ASI.   
  3. Bayam. Sayuran ini yang merah maupun hijau merupakan sumber asam folat, kalsium, dan zat besi yang baik untuk membantu mencegah anemia. Bayam dan brokoli juga mengandung fitoestrogen yang merupakan makanan laktogenik untuk merangsang produksi ASI.
  4. Edamame. Selain mengandung protein, edamame juga merupakan sumber yang baik untuk asam folat, vitamin C dan K, fitoestrogen, zat besi, mangan, magnesium, riboflavin, kalium, dan fosfor. Edamame rebus menjadi camilan sehat dan enak buat busui.
  5. Kacang-kacangan. Mengandung mineral esensial, seperti zat besi, kalsium, dan zinc. Juga vitamin B dan K, asam lemak serta protein. Kacang almon atau kacang tanah bisa dijadikan camilan buat busui.  
  6. Labu. Sup labu menjadi hidangan lezat dan sehat untuk busui. Buah kuning ini kaya akan vitamin C, betakaroten, dan vitamin A.
  7. Pepaya. Bunga, buah, maupun daun pepaya bisa dijadikan santapan sehat untuk busui. Pepaya kaya akan vitamin A dan C, juga kalium. Pepaya yang belum matang mengandung banyak galaktagog yang berkhasiat untuk merangsang produksi ASI.  
  8. Wortel dan ubi. Umbi merah dan jingga, seperti wortel dan ubi jalar mengandung properti galaktagog . Masyarakat Cina sudah ribuan tahun memanfaatkan ubi dan wortel untuk memperlancar ASI. Ubi mengandung karbohidrat kompleks, potasium, dan  vitamin A yang baik untuk pertumbuhan sel dan tulang, untuk fungsi imun dan penglihatan.
  9. Air minum. Jangan lupa banyak minum untuk menghidrasi tubuh ibu. Ini sangat penting. Air sangat esensial untuk suplai ASI dan juga membantu mencegah kelelahan. Ibu menyusui dianjurkan minum sedikitnya 8 gelas air per hari. (rin)