Teh Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tambahkan herbal ke dalam minuman teh agar semakin bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh./foto: meditationbridge.com
Tambahkan herbal ke dalam minuman teh agar semakin bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh./foto: meditationbridge.com

sehatnews.id – Kebanyakan orang hampir setiap hari minum teh. Bahkan tak sedikit yang merasa ‘ketagihan’ dan merasa tak bersemangat kalau belum mereguk secangkir teh. Ternyata, secangkir teh bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.“Teh tanpa tambahan apa pun sejatinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Di dalamnya terdapat zat bernama polifenol yang merupakan antioksidan. Antioksidan ini bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Sudah banyak penelitian yang membuktikan khasiat antioksidan ini,” ujar ahli teh asal Indonesia, Ratna Somantri dalam sebuah acara daring.

Teh juga mengandung L-theanin. Ini adalah asam amino yang bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks. “Seperti kita tahu, stres itu menurunkan imunitas kita. Dengan rileks, kita membantu meningkatkan kekebalan tubuh,” ujarnya.

Menurut Ratna, boleh-boleh saja kita menambahkan bahan yang menyehatkan tubuh ke dalam minuman teh. “Semisal, tambahkan jahe ke dalam secangkir teh panas. Ini bagus karena jahe memberi efek menghangatkan tubuh. Lalu bisa juga ditambahkan sereh yang wanginya merilekskan atau irisan lemon. Bisa juga tambahkan madu ke dalam air teh. Madu ini berfungsi memberi energi, memberi asupan mineral untuk tubuh kita,” tuturnya.

Karena teh juga mengandung kafein, Ratna menyarankan bagi mereka yang sensitif terhadap kafein untuk tidak minum teh di malam hari. “Minumlah saat sore-sore. Kalau ingin minum di malam hari, minumlah teh herbal seperti teh bunga chamomile,” sarannya. (lin)