Olahraga di Rumah, Yuk!

Olahraga rutin di rumah biar imun tubuh terjaga./foto: freepik.com
Olahraga rutin di rumah biar imun tubuh terjaga./foto: freepik.com

sehatnews.id – Masih senang rebahan di rumah? Tidak apa-apa, toh saat ini memang tidak boleh sering ke luar rumah. Tetapi, menjadi kaum rebahan tidak berarti melupakan olahraga. Karena di rumah pun, kita masih tetap bisa berolahraga dengan bantuan instruktur di… Youtube!

Pandemi membuat kita tidak bisa leluasa bepergian. Mereka yang biasanya senang berolahraga di luar ruang atau pergi ke pusat kebugaran, membatasi diri untuk tidak melakukannya. Kalaupun ingin berolahraga di luar ruang, harus benar-benar mencari tempat yang sepi.

Sementara pusat kebugaran, ada yang tutup atau buka dengan jumlah anggota yang sangat terbatas.
Karenanya, tak sedikit dari kita yang akhirnya benar-benar tidak olahraga lagi. Menjadi kaum rebahan yang sebenar-benarnya, kalau tidak sedang bekerja dari rumah.

Sekarang, setelah lama menjadi kaum rebahan, saatnya untuk berolahraga lagi… dari rumah! Iya, dari rumah. Tidak bisa pergi ke pusat kebugaran atau berolahraga di luar rumah, bukan berarti tidak berolahraga ya.

Adanya internet memungkinkan kita untuk berolahraga dengan panduan sejumlah instruktur melalui Youtube. Selain Youtube, bagi mereka yang menjadi anggota klub kebugaran, biasanya juga diadakan kelas live. Tinggal memilih kelas yang diinginkan dan tentu saja dengan jaringan internet yang baik, Anda sudah bisa berolahraga lagi. Yeay!

Kalau tidak tergabung dengan klub kebugaran, jangan khawatir, ada beberapa rekomendasi saluran Youtube yang bisa Anda ikuti. Meskipun video yang tersedia kadang kala sudah diunggah beberapa tahun lalu, nyatanya masih cukup relevan kok.

Kecuali untuk kelas sepeda, yang Anda perlukan hanya kaus dan celana yang nyaman, serta sepatu olahraga. Berikut sejumlah video yang bisa membantu Anda berolahraga lagi.

  • Yoga with Adrienne
    Sewaktu mencari kata kunci yoga for beginner, muncul sejumlah video yoga dari Adrienne ini. Setelah diikuti, gerakan yang diajarkan sangat enak. Adrienne menjelaskannya dengan sangat baik. Ia juga tidak memaksakan penontonnya untuk mengikuti pose yang dicontohkannya dengan sempurna. Ia selalu menegaskan untuk melakukan pose sesuai kemampuan masing-masing. Ada beberapa opsi yang ia berikan saat melakukan pose.
    Kalau ingin mulai teratur berlatih yoga lagi, Anda bisa mengikuti latihan 30 Days of Yoga, A 30 Day Yoga Journey, dan seri yoga lainnya dari Adrienne. Salah satu keuntungan melihat video latihan yoga adalah Anda bisa melihatnya terlebih dulu atau ketika berlatih. Jika dirasakan posenya agak sulit, Anda bisa menghentikan videonya terlebih dahulu. Cheating? Ya tidak apa-apa, toh nanti dilanjutkan lagi.
  • Aerobik with Body Project
    Kalau ingin olahraga aerobik, Anda bisa mengecek video Youtube dari Body Project. Sebagai saran, jika sudah lama tidak berolahraga, pilih low impact ya. Tujuannya untuk membiasakan tubuh kembali berolahraga.
    Meski low impact, jangan anggap remeh, loh! Karena tubuh tetap berkeringat. Yang menarik dari video ini, biasanya akan ada dua orang yang berlatih dengan ritme berbeda. Katakanlah untuk yang sudah terbiasa beraerobik, Anda bisa melompat atau cukup berjalan di tempat saja.
    Ada banyak pilihan low impact yang ditawarkan, seperti aerobik yang dilakukan dengan berdiri atau tanpa peralatan. Bahkan ada juga latihan jalan kaki di rumah.
  • Body Jam dari Les Mills
  • Bila ingin olahraga yang sedikit mengentak, bisa mengecek video dari Les Mills. Tinggal ketik Body Jam workout, akan muncul video tersebut. Untuk latihan ini, Nina Dobrev berkolaborasi untuk Body Jam dengan Reebok dan tim kreatif dari Les Mills. Body jam adalah kombinasi musik dan tarian. Dengan koreografi dari Gandalf Archer-Mills di Auckland, Selandia Baru. Anda tak harus pintar menari untuk mencoba Body Jam ini. Yang penting, jangan terlalu memaksakan diri bila Anda belum terbiasa dengan olahraga ini. Anda bisa melihat videonya terlebih dahulu sebelum memulai latihan. Les Mills yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun, memiliki misi untuk membuat planet yang kita tinggali ini menjadi lebih sehat. Les Mills juga ingin membuat orang jatuh cinta dengan fitnes sehingga mereka ingin berolahraga.
  • Pound Rockout Workout
  • Olahraga yang menggunakan ripstix (mirip stik pemukul drum) cukup digandrungi dalam beberapa tahun terakhir. Sayangnya, video Pound Fit ini tidak terlalu banyak. Tetapi kalau Anda tergolong baru atau ingin mengenal olahraga Pound Fit, bisa menjajal video dari Pound Rockout Workout.
  • Belum punya ripstix? Untuk sementara, coba menggunakan sumpit (bukan sumpit kayu ya). Sepasang sumpit direkatkan dengan selotip dan buat dua pasang. Siap deh! Ya rasanya pasti akan berbeda, soalnya ripstix memang dibuat khusus untuk olahraga Poundfit. Paling tidak, tetap ada suara yang terdengar saat berlatih.
  • Self HIIT kardio
  • Bagi yang menginginkan latihan dengan intensitas lebih tinggi, bisa mempertimbangkan HIIT atau high-intensity interval training. Hanya perlu diperhatikan, bila sudah lama tidak berolahraga, ada baiknya melakukan HIIT secara perlahan. Di video Self ada HIIT untuk pemula. Atau bisa juga memulainya dengan latihan low impact sebelum mengikuti HIIT. Intinya, jangan dipaksakan kalau belum terbiasa ya.
  • Spinning class dari Global Cycling Network
    Bagi Anda yang memiliki sepeda statis di rumah untuk berlatih seperti di kelas sepeda, latihan dari Global Cycling Network ini bisa dicoba. Ada beberapa latihan yang bisa dicoba. Latihan yang diberikan tidak terlalu lama, berkisar antara 30-35 menit.
  • Stretching with Ask Doctor Jo
    Untuk peregangan, Anda bisa membuka video dari Ask Doctor Jo. Ada begitu banyak teknik peregangan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Saat mengalami frozen shoulder, video dari Ask Doctor Jo juga cukup membantu mengurangi kekakuan pada bahu serta leher.
  • Latihan kekuatan otot dari Hashfit.
  • Bagi yang ingin melatih kekuatan otot tubuh atau biasa mengangkat beban dengan dambel atau menggunakan beban tubuh, bisa melihat video dari Hashfit. Untuk yang memiliki dambel, bisa digunakan. Tetapi kalau tidak ada dambel, Anda bisa menggantinya dengan botol air mineral ukuran 600ml tentunya yang berisi air ya, supaya ada beban. Jadi, sudah siap berolahraga? (dys)